Rabu, 13 Juni 2018

MEMBUAT PRAKARYA TAS DARI KERTAS ANYAMAN

Sebagai seorang siswa pelajaran Prakarya/Seni Budaya di Sekolah merupakan ajang mengasah keterampilan kreatifitas para siswanya. Ketika saya duduk di bangku SMA Kelas X guru Seni Budaya kami menyuruh siswanya untuk membuat karya dari barang yang sudah tidak digunakan dirumah. disinilah saya mulai membongkar-bongkar isi lemari saya dan saya menemukan koleksi kumpulan anyaman saya dari kertas seperti Gambar 1. Kumpulan anyaman ini merupakan sisa dari tugas menganyam saya ketiga SMP ketika itu kami diminta untuk membuat anyaman dari kertas, seperti kertas cover yang dipotong-potong ataupun pita-pita yang dianyam dengan pola yang berbeda-beda. Pola-pola ini ada berbagai macam bentuk mulai dari zig-zag, lurus, ketupat, dan sebagainya. Kegiatan menganyam kertas ini juga menjadi salah satu hobi saya dimasa transisi sebelum menjadi siswa SMA. Hahahaha xD

Baiklah mari kita kembali ke cerita tugas ini maaf kalau intronya terlalu panjang. Jadi untuk tugas Seni Budaya SMA ini saya memutuskan menggunakan anyaman itu untuk dibuat sebagai tas keren yang tidak hanya sebagai pemenuhan tugas namun juga sebagai karya yang kuat dan dapat digunakan.

 Jadi berikut merupakan Penjelasan dari tahap pembuatan tas ini :
  1. Persiapkan kertas yang telah dianyam dengan berbagai macam pola
  2. Kertas yang telah dianyam dilapis dengan plastik (Gambar 1). Bisa direkatkan menggunakan isolasi atau doubletip pada ujung-ujungnya. Disini saya menggunakan plastik sisa potongan taplak meja yang teksturnya lebih plastis dibanding plastik lain, namun dapat juga digunakan plastik mika atau plastik lainnya. Tujuan dari membungkus kertas ini dengan plastik agar tas tidak rusak ketika terkena air.
  3. Potong kain sesuai pola untuk mengisi bagian dalam tas dan juga bagian samping (Gambar 2). Disini saya menggunakan kain bludru berwarna hitam yang juga merupakan sisa dari tugas membuat tugas pada SMP dulu. Kain ini dipotong menjadi tiga bagian. Bagian pertama berbentuk persegi yang nantinya sisi-sisinya akan ditempelkan pada kertas anyaman, bagian kedua dan ketiga berbentuk oval dengan bagian atas yang dipotong rata yang nantinya akan digunakan untuk menutupi bagian samping kanan dan kiri dari tas ini. 
  4. Jahit sisi samping potongan kain persegi dengan potongan kain untuk bagian samping. Setelah selesai (Gambar 3). 
  5. Tempelkan kertas anyaman dengan kain potongan persegi mengikuti bentuk sisi-sisinya (Gambar 4). Tunggu kering dan menempel. 
  6. Lalu untuk pegangan Tas disini dipersiapkan pita sisa/slinger rumbai (Gambar 5). Warna yang digunakan tergantung selera pengguna masing-masing. Disini saya menggunakan warna merah yang disesuaikan dengan warna dari kertas anyaman 
  7. Slinger rumbai dimasukan kedalam potongan selang kecil yang berguna sebagai pegangan tas. Lalu di rekatkan kedua ujungnya dengan menggunakan lem tembak. 
  8. Tempelkan Selang Slinger rumbai kesisi tas. Bisa dikuatkan dengan cara dijahit atau hanya menggunakan lem saja (Gambar 8).
  9. Sebagai pelengkap bisa digunakan perekat pada bagian dalam agar tas tidak selalu terbuka.
 


Tidak ada komentar: